Satu Liter Beras sudah Cukup

Judul tulisan di atas saya ambill dari ungkapan seorang yang baru saya kenal di suatu tempat saat saya berkunjung untuk bersilaturahim dalam suasana Idul Fitri. Ia adalah seoarang pedagang baso tusuk keliling, usianya sekitar 70 tahun, tapi dari penampilannya saya tidak menyangka usianya sudah setua itu. Ia masih kelihatan gagh, badannya kekar, di wajahnya tidak nampak raut keletihan dan kesusahan. 
"Bapak bawa jualan?" Saya bertanya kepadanya
"Oh iya, ini baru keliling jualan baso tusuk." Jawabnya sambil merapihkan dagangannya
"Emang bapak masih kuat memikul dagangan?" Tanyaku lagi dengan rasa ingin tahu.
"Seperti yang kamu lihat nak, apakah bapak kelihatannya tidak kuat memikul dagangan bapak ini?" Jawab si Bapak itu balik bertanya.
Memang benar sih, ia kuat dan tidak nampak kelelahan meskipun telah menempuh perjalanan menelusuri jalan perkampungan untuk hanya sekedar mencari uang buat makan sehari-hari.
"Maaf pak, berapa penghasilan bapak dari jualan baso tusuk ini?" Dengan penuh penasaran saya bertanya lagi.
"Ya, bai bapak sih sudah dapat uang untuk beli satu liter beras saja sudah cukup. Yang penting bapak bisa makan sekeluarga untuk hari ini".  Dengan ringan dan wajah penuh senyum si bapak ini menjawab pertanyaanku.
"Hanya satu liter beras..." Aku menarik nafas panjang, dan mencukupkan rasa ingin tahuku hanya sampai "satu liter beras". Selanjutnya aku lebih banyak menikmati baso tusuk ...
Ternyata masih ada orang yang begitu sederhana dan berjiwa besar dalam menjalani kehidupan ini. Untuk "satu liter beras" ia bekerja keras menunaikan tugas dantanggungjawabnya menafkahi keluarga. Karena itulah yang ia bisa. Baginya tak penting "menggantungkan keinginan yang banyak" Yang ia lihat adalah tugas dan tanggung jawabnya dalam menafkahi keluarga, soal hasil berapa yang ia dapat tak masalah baginya "Satu Liter Beras sudah Cukup". Sisanya tinggal ia menikmati hidup ini ***
Ditulis ulang dari baca4sukses




0 Response to "Satu Liter Beras sudah Cukup"

Posting Komentar

Terimakasih anda telah berkunjung.