Ramadhan

Ditengah kesibukan UASBN ini saya mencoba menyempatkan diri untuk posting di blog ini. Blog yang sudah lama saya bangun, berkali-kali ganti template dan bongkar pasang custom domain ini jarang sekali saya update. Mengapa ? Tentu ada saja alasan yang bisa dikemukakan.... Tapi, bukan itu yang ingin saya bicarakan dengan postingan kali ini. Seperti judul yang terlihat "Ramadhan" ya, itulah yang ingin saya bicarakan, mengawali kembali postingan saya di blog ini.

Ramadhan akan tiba dalam bebrpa hari lagi. Selalu ada kesan tersendiri menyambut datangnya Ramadhan. Lain dulu lain sekarang. Saya yang 30 tahun yang lalu masih mempersiapkan diri dengan mainan dan makanan pavorit ramadhan juga membuat obor dari bambu untuk keliling sehabis tarawih dan saat sahur tiba, sekarang suasana itu tidak ada lagi. Perjalanan panjang saya di Kota seranng ini telah membawa saya pada suasana yang berbeda dengan tempat saya dulu di cianjur. Tapi, Ramadhan tetaplah Ramadhan ada selalu ada kesan tersendiri saat menyambut, menjalani dan mengakhirinya, yang tidak akan habis di bicarakan.kapan dan di manapun kita berada.

Ini tahun 1438 H. sebentar lagi Ramadhan tiba. Setiap kali menyambut Ramadhan selalu ada hal yang ingin dicapai dan diharapkan bagi perbaikan dan peningkatan diri an juga evaluasi untuk merancang kembali setahun yang akan datang. Di bulan Ramadhan ada perubahan perilaku dan "rasa' yang berbeda. Setiap orang memiliki jalannya sendiri dalam menempuh kehidupan ini. Entah benar atau tidak saya menyatakan ini "Ramadhan merefleksikan apa yang kita ingin capai dalam kehidupan ini". Ini hanya pandangan saya, tentu setiap orang berbeda dalam memaknai ramadhan.

Baiklah, apapun kesannya saat menyambut dan menjalani Ramdhan,  Allah SWT telah menegaskan di dalam Al-Qur'an, QS. Al-Baqarah (2) : 183 :
"Wahai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa"



0 Response to "Ramadhan"

Posting Komentar

Terimakasih anda telah berkunjung.