Rest Area

Saat sedang posting tulisan ini, saya berada di rest area karang tengah, dalam perjalanan menuju ke bandung.  Sambil istirahat saya mencoba mencari koneksi saluran hotspot. Dibagian depan kaca sebuah restoran saya melihat "Free wifi - Hotspot Area". Iseng-iseng saya mengeluarkan netbook yang biasa saya bawa bepergian dan saya nyalakan. Wah! Lumayan juga, banyak layanan hotspot di rest area yang saya singgahi ini, saya pilih koneksi yang singnalnya paling besar. Upss! Alhamdulilah bisa konek dan saya pun memanfaatkannya untuk blogging di Rest Area.

Dalam wikipedia berbahasa Inggris Rest Area diartikan dengan "travel plaza, rest stop, or service area is a public facility, located next to a large thoroughfare such as a highway, expressway, or freeway at which drivers and passengers can rest, eat, or refuel without exiting on to secondary roads (wikipedia).  Yang artinya kurang lebih adalah fasilitas umum, terletak di sebelah sebuah jalan raya besar seperti jalan raya, tol, atau jalan bebas hambatan di mana pengemudi dan penumpang dapat beristirahat, makan, atau mengisi bahan bakar tanpa keluar ke  jalan  sekunder. Di Indonesia biasa menyebutnya dengan area tempat istirahat atau tempat istirahat.

Dalam Wikipedia Indonesia Rest Area atau tempat istirahat adalah tempat beristirahat sejenak untuk melepaskan kelelahan, kejenuhan, ataupun ke toilet selama dalam perjalanan jarak jauh. Tempat istirahat ini banyak ditemukan di jalan tol ataupun dijalan nasional dimana para pengemudi jarak jauh beristirahat. Dijalan arteri primer juga banyak ditemukan restoran yang berfungsi sebagai tempat istirahat. Restoran-restoran ini banyak digunakan oleh pengemudi truk jarak jauh ataupun bus antar kota untuk beristirahat (wikipedia).

Ada baiknya para pengemudi yang sudah lama diperjalanan menggunakan fasilitas ini dan sejenisnya untuk beristirahat, memulihkan stamina atau menghilangkan kejenuhan agar saat mengendarai kendaraannya dalam keadaan waspada penuh. Bagi para penumpang fasilitas Rest Area sangat bermamfaat untuk melakukan berbagai keperluan seperti istirahat, shalat, makan dan keperluan-keperluan lainnya.






0 Response to "Rest Area"

Posting Komentar

Terimakasih anda telah berkunjung.