Jalan-jalan ke Pustekom

Pada hari ini, Selasa 22 Januari 2013 saya bersama teman-teman berkesempatan untuk berkunjung ke Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dalam rangka studi inovasi pendidikan sebagai bagian dari tugas kuliah Magister Teknologi Pendidikan Universitas Islam As-Syafiiyah Jakarta yang kami ikuti.

Selama ini saya sendiri hanya baru mendengar kata orang tentang keberadaan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan ini, dengan mengunjunginya lagsung saya jadi tahu betul bagaiman aktifitas di dalamnya. "Wah! Hebat deh, kalau saja seluruh sekolah di indonesia menerapkan konsep pemebelajaran seperti yang diterapkan  Pustekom, pastinya Pendidikan Indonesia No 1 di dunia, dan tentunya Indonesia ga seperti sekarang ini". Begitulah yang terlintas di benak fikiran saya saat mendengarkan pemaparan materi  yang disampaikan oleh DR. Purwanto, M.Pd  dalam sesi workshop yang disuguhkan panitia.

Setelah selesai penyampaian materi pertama, kami semua diajak berkeliling-keliling kota... Eh! Maaf, bukan itu, maksudnya berkeliling-keliling ruangan, mengunjungi  beberapa tempat atau fasilitas yang ada di Pustekom diantaranya, Ruang Perpustakaan/Pusat Sumber Belajar, Studio Radio, Studio Televisi, dan Contact Center. Banyak hal yang kami pelajari dan kami ketahui bagaimana proses belajar itu berlangsung dan media apa yang digunakan agar pemebelajaran itu bisa efektif.

Oh, ya! Saya ingin berbagi  sedikit informasi tentang Pustekom. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidian(Pustekom) adalah lembaga yang berada di bawah Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional yang bertugas melaksanakan, mengkoordinasikan dan membina kegiatan di bidang teknologi informasi dan komunikasi pendidikan.

Dengan kewenangan dan tugasnya itu, pustekom  menjalankan fungsinya dalam :
  • Merumukan kebijakan teknis di bidang penembangan dan pembinaan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan jarak jauh/terbuka
  • Mengembangkan sisten dan model pembelajaran melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan jarak jauh/terbuka, termasuk pelyanan konsultasi
  • Mengembangkan program media untuk semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan termasuk pelayanan konsultasi
Sampai saat ini Pustekom telah menghasilkan beberapa produk unggulan inovatif yang berperan dalam meningkat mutu pendidikan Indonesia, yaitu:
  • Televisi Edukasi 
  • Radio Edukasi
  • Suara Edukasi
  • Mobile E-Learning
  • Portal Rumah Belajar
  • Jardiknas 
  • Apa lagi ya ... dllsbg deh! :)
Selain itu Pustekom juga mempunyai layanan dan fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan...


0 Response to "Jalan-jalan ke Pustekom"

Posting Komentar

Terimakasih anda telah berkunjung.