Be a Teacher

"Guru Indonesia Dinilai Masih Kurang Kreatif dalam Mengajar" Begitu judul berita di salah satu berita online ternama yang muncul. Apakah fakta ini ditujukan pada mereka para "guru" atau mereka yang bekerja sebagai "guru". 

 

Sungguh menarik, sejak Indonesia merdeka 65 tahun yang lalu butuh berapa lama lagi waktu untuk menjadikan para guru indonesia betul-betul siap menjadi guru. Kalau saja kebijakannya jelas dan konsisten tentang pembangunan pendidkan indonesia mestinya dalam 30 tahun sudah bisa menyediakan para guru yang benar--benar siap menjadikan Indonesia lebih maju. Buktinya?(ga tau ya...)


Menurut data UNESCO tahun 2011 (Republika Online), Indonesia memiliki lebih dari 3,5 juta guru. Namun, berdasarkan data Kementerian Pendidikan Nasional, hanya terdapat 16,9 persen atau sekitar 575 ribu guru Indonesia yang merupakan guru profesional atau telah memiliki sertifikasi. Setelah 65 tahun merdeka baru 575 ribu guru bersertifikasi, beberapa diantaranya karena mendapatkan "jatah" masuk sertivikasi bukan karena uji kompetensi. Nah, Looh!

Menjadi Guru ! Apakah itu cita-cita para guru ? Kalau ditanya begini, jawabannya pasti bermacam-macam. Tapi apapun jawabannya "Menjadi Guru" adalah kenyataan hari ini. yang harus dihadapi para guru di Indonesia. Mampukah para guru mengangkat harkat dan derajat bangsa ini menjadi lebih besar dan bermartabat serta berkemajuan ? 

Selamat Hari Guru !

0 Response to "Be a Teacher"

Posting Komentar

Terimakasih anda telah berkunjung.