8 Gaya Posting Blog Untuk Pemula

"Wah! Ini baru hebaaaaat..." Begitulah ungkapan yang saya coba ekspresikan saat membaca sebuah  potingan blog di RomiSatriaWahono.net yang mengupas tentang 20 gaya posting blog. Artikel ini sungguh luar biasa, menjadi amunisi tambahan yang bisa bertahan lama untuk saya gunakan dalam aktifitas ngeblog. Betul juga seprti apa yang di katakan mas Romi, mungkin saya termasuk yang berslogan "Mending ga usah nulis daripada nulis ga berkualitas".

Ya, kalau bukan karena ngeblog sebagi sarana pembeajaran, mungkin blog ini sudah saya "peti eskan" karena jujur saja klau mau ngeblog itu nunggu perfec dulu, sampai kapanpun ga bakalan ngeblog-ngeblog hanya nunggu bisa dulu membuat tulisan yang benar-benar berkualitas. Pembaca bisa lihat postingan saya pertama di blog ini adalah Juni tahun 2009, artinya sudah empat tahun blog ini saya buat tapi tak banyak yang saya posting, apalagi dengan tulisannya yang "biasa-biasa saja". Tapi saya bersyukur dan bangga dengan pencapaian saya saat ini, setidaknya ada hasil yang bisa dilihat dan "saya akan terus belajar dan belajar" agar bisa memberi manfaat.

Membaca artikel "20 Gaya Posting Blog" nya pak Romi ini saya jadi bertambah semangat lagi untuk membuat postingan blog dan belajar bagaimana membuat tulisan agar blog bisa lebih hidup. Dan untuk postingan ini saya gunakan gaya "Repost Blogging" (Bener ga ya...), karena saya memposting kembali artikel 20 gaya posting blog-nya pak Romi dengan cara penyampaian saya sendiri. Nah! bagi blogger pemula (seperti saya) tentu tidak mungkin kalau harus mencoba semuanya sekaligus. Berikut ini saya coba ambil 8 gaya posting blog yang dalam pelaksanaanya mudah dan menyenangkan untuk digunakan  oleh pemula, yaitu :

  1. PiggyBack Blogging: Posting tentang suatu topik yang sedang populer  dan ramai ditampilkan di  media massa. Bentuknya bisa opini, kajian analisa, dsb. Dengan tingkat kesulitan sedang dan popularitas yang lumayan (3), maka berburu posting seperti ini mungkin pilihan yang menarik bagi blogger yang tulisannya sedikit dikomentari orang
  2. Life Blogging: Disebut juga dengan reality blogging. Posting tentang cerita nyata yang terjadi pada kehidupan kita sehari-hari. Relatif mudah dilakukan, meskipun popularitasnya sedang (2). Jumlah postingan dengan gaya ini boleh lebih dari lima kali sepekan.
  3. Brand Blogging: Posting tentang atribut positif dari suatu brand, personal atau produk (inside look). Bisa juga berupa asosiasi individu dengan suatu brand baik sifatnya official atau unofficial. Harus hati-hati disikapi, meskipun tampak menggoda, dan boleh dilakukan lebih dari lima kali sepekan, tapi popularitasnya relatif rendah (2)
  4. Annoucement Blogging: Posting berupa suatu berita, pengumuman atau isu besar yang tidak diketahui umum sebelumnya. Efek maksimum akan diperoleh apabila kita menjadi penyebar berita yang pertama tentang isu tersebut. Meskipun termasuk posting yang sangat sulit khususnya mendapatkan timingnya, tapi termasuk yang kadang harus kita kejar karena tingkat popularitasnya yang aduhai banget (5)
  5. Photo Blogging: Posting yang utamanya berisi hasil jepretan foto. Foto biasanya berbentuk seri yang kita ambil langsung dari kamera kita. Bisa diberi tambahan komentar di posting ataupun hanya foto saja. Tingkat kesulitan lebih rendah daripada Video Blogging, tapi popularitasnya relatif sama. Cocok untuk menambal kebosanan pembaca kita yang sudah terbiasa membaca artikel yang berbentuk text di blog kita.
  6. Repost Blogging: Mengambil tulisan atau posting dari blog atau situs lain dan memposting di blog kita. Biasanya dengan diberi komentar tambahan atau hanya copas habis-habisan. Termasuk yang selalu saya hindari dalam ngeblog dan memang sebaiknya tidak kita lakukan karena akan menurunkan brand blog kita.
  7. Event Blogging: Posting berupa kesan, opini dan pemikiran tentang suatu event (seminar, conference, konser, etc) yang kita ikuti ataupun tidak. Popularitasnya tinggi bila banyak pembaca kita yang berhubungan dengan event yang kita postingkan
  8. Classified Blogging: Adanya kebutuhan terhadap suatu produk atau layanan. Posting berupa pembukaan lowongan atau pernyataan pencarian suatu produk atau layanan yang kita inginkan untuk dibeli atau dijual. Mudah sekali dilakukan dan sebaiknya tidak sering kita lakukan  


    Itulah 8 gaya posting blog yang mudah diterapkan oleh pemula  dan akan saya coba terapkan juga di blog saya ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...

     

1 Response to "8 Gaya Posting Blog Untuk Pemula"

Terimakasih anda telah berkunjung.