Kami Juga Ingin Maju dan Berkembang

Beberapa hari yang lalu saudara saya datang berkunjung ke rumah, Seperti biasa, bila kami berjumpa, kami ngobrol banyak hal tentang kegiatan dan kondisi terkini aktivitas sebagai guru.
Entah karena kami sama-sama "kuli" sebagai guru atau hanya untuk menghangat suasana saat berkumpul bersama, obrolan ini mengalir kesana kemari dengan informasi yang terbaru tentang KKG, Sertifikasi dan banyak lagi yang lainnya. Ya, disini saya lebih banyak mendengarkan ketimbang berbicara (maklum, saya pegawai "luar negeri").

Ada obrolan yang menarik, dan sangat saya apresiasi tentang "profesi guru" dari apa yang disampaikan saudara saya itu. Ia adalah seorang guru SD yang tinggal di pedesaan, yang jauh dari keramaian dan sangat bersahaya. Saya kira saudara saya ini mewakili suara-suara guru di hampir semua daerah. Dalam tulisan ini saya mencoba menyuarakan keluh kesah dan harapan para guru di daerah tentang beberapa hal, seperti : Kegiatan PLPG, sertifikasi Guru, kenaikan pangkat, prilaku para oknum dinas di daerah, Uji kompetensi guru dan ... peran organisasi profesi guru.

Tulisan ini saya buat sebagai sarana introsfeksi dan koreksi dari sudut pandang saya  sebagai guru yang menginginkan dunia pendidikan Indonesia lebih maju dan berkembang sebagaimana juga harapan teman-teman saya yang berada jauh disana. Saya yakin kalau hanya bicara ingin maju dan berkembang pasti semua "orang" juga sama maunya, termasuk mereka yang kerjanya membawahi para guru... Ups!  Maksud saya ngurusin para guru juga menginginkan hal yang sama. Tapi, diantara mereka juga beda-beda tindakannya. Ada yang bener ada juga yang ga bener (emang kaya apa ga benernya... Jangan-jangan saya juga ga bener nih?)   (maaf sampai disini dulu ya, saya mau pergi ngaji dulu... Oke!)

0 Response to "Kami Juga Ingin Maju dan Berkembang"

Posting Komentar

Terimakasih anda telah berkunjung.