Model Pembelajaran dengan Internet


Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pembelajaran dengan menggunkan media website akan memiliki tempatnya tersendiri dalam melengkapi model-model pembelajaran yang sudah ada dan dikenal saat ini.

Sebagai langkah awal, bagi anda yang ingin menerapkan model pembelajaran ini, perlu diketahui bahwa ada tiga model pembelajaran melalui internet tersebut, antara lain :

1. Web Course

Web course adalah penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran, dimana seluruh bagian bahan belajar, diskusi, konsultasi, penugasan, latihan dan ujian sepenuhnya disampaikan melalui internet. Siswa dan guru sepenuhnya terpisah, namun hubungan atau komunikasi antara peserta didik dengan pengajar bisa dilakukan setiap saat. Komunikasi lebih banyak dilakukan secara ansynchronous daripada secara synchronous. Bentuk web course ini tidak memerlukan adanya kegiatan tatap muka baik untuk keperluan pembelajaran maupun evaluasi dan ujian, karena semua proses pembelajaran sepenuhnya menggunakan fasilitas internet seperti email, chat rooms, bulletin board dan online conference.

2. Web Centric Course

Sebagian bahan belajar, diskusi, konsultasi, penugasan, dan latihan disampaikan melalui internet, sedangkan ujian dan sebagian konsultasi, diskusi dan latihan dilakukan secara tatap muka, walaupun dalam proses belajarnya sebagaian dilakukan dengan tatap muka yang biasanya berupa tutorial, tetapi prosentase tatap muka tetap lebih kecil dibandingkan dengan prosentase proses pembelajaran melalui internet.

3. Web Enhanced Course

Web Enhanced Course merupakan pemanfaatan internet untuk pendidikan, untuk menunjang peningkatan kualitas belajar mengajar di kelas. Bentuk ini juga dikenal dengan nama web lite course, karena kegiatan pembelajaran utama adalah tatap muka di kelas.

Peranan internet disini adalah untuk menyediakan sumber-sumber belajar yang sangat kaya akan informasi dengan cara memberikan alamat-alamat atau membuat link ke pelbagai sumber belajar yang sesuai dan bisa diakses secara online, untuk meningkatkan kuantitas dan memperluas kesempatan berkomunikasi antara pengajar dengan peserta didik secara timbal balik. Dialog atau komunikasi dua arah tersebut dimaksudkan untuk keperluan berdiskusi, berkonsultasi, maupun untuk bekerja secara kelompok.

Nah! Bagaimana anda tertarik untuk menerapkan model pembelajaran internet? Dengan segala kelebihan dan kekurangannya media internet bisa menjadi solusi bagi peningkatan mutu pendidkan bangsa ini.*** cafewebmatic/photo:http://pbm-smpn9cimahi.blogspot.com

0 Response to "Model Pembelajaran dengan Internet"

Posting Komentar

Terimakasih anda telah berkunjung.