Pelajaran Mendaki Gunung

Anda pernah mengadakan perjalanan pendakian ke puncak gunung? Tidak harus gunung yang tinggi seperti, puncak himalaya ataupun Jaya Wijaya dan yang terkenal lainnya. Ya, boleh lah gunung atau bukit disekitar tempat anda tinggal, itupun sudah bisa dibilang sebuah perjalanan pendakian. Yang beda kan, hanya jauh atau dekat, tinggi atau rendah, curam atau landai, tapi itu tetap bisa disebut pendakian karena menuju puncak gunung.

Kalau anda pernah pasti mempunya pengalaman tersendiri yang bisa menjadi pelajaran. Photo dibawah ini adalah photo saya saat beristirhat sejenak dalam perjalanan menuju puncak gunung Pulo Sari di Kabupaten Pandeglang Banten. Ini pengalaman saya ke dua naik ke puncak gunung sebelumnya saya pernah juga mengadakan perjalanan ke puncak gunung Gede yang terletak di antara tiga kabupaten yaitu, Cianjur, Sukabumi dan Bogor. Di bandingkan dengan Pulosari Gunung Gede lebih tinggi dan kawahnya jugacukup besar dan berada di puncak gunung.
Mendaki Gunung Pulo Sari Pandeglan
Baik perjalanan ke puncak gunung pulosari maupun Gunung Gede masing-masing memiliki kesan dan pengalaman tersendiri. Ada sebuah pelajaran yang bisa saya bagikan  disini, apa itu? Perjalanan ke puncak gunung adalah sebuah pengalaman yang luar biasa ! Keberhasilan kita dalam dalam mencapai puncak gunung bukanlah itu keberhasilan sesunggungnya, tetapi keberhasilan sebenarnya ada pada bagaimana kita mengalahkan kecenderungan diri kita sendiri untuk segera mengakhiri perjalanan nya.
 Anda tahu perjalanan ke puncak gunung adalah perjalanan yang amat  berat di rasa, dan sangat meletihkan. Kalau dipikir-pikir untuk apa susah-susah hanya sekedar bisa ke puncak gunung. Di tengah jalan maunya sudah sajalah balik lagi aja, toh disana juga tidak ada yang dicari, dan banyak fikiran-fikiran lain yang mencari alasan pembenaran bahwa pendakian ini tidak ada artinya, seharusnya dihentikan.
Ternyata ada banyak hal dalam kehidupan ini yang seharusnya kita lakukan dan kita tempuh tapi kita fikir itu tidak ada artinya, padahal langkah sudah digayuh, jalan pun sudah ditempuh. Akhirnya tidak pernah kita bisa menyelesaikannya lalu berganti arah tapi inipun masih juga dipertanyakan. Kesuksean bukan saja pada apa yang kita bisa raih, tetapi juga bagaimana kita bisa mengatasi diri sendiri  agar tetap bersabar menempuhnya dan fokus pada apa yang seharusnya ditempuh.

0 Response to "Pelajaran Mendaki Gunung"

Posting Komentar

Terimakasih anda telah berkunjung.